Chat Box

2/26/11

UEFA Coefficient : Peringkat Liga – liga di Eropa.



Pada kali ini saya akan menampilkan peringkat – peringkat liga-liga di Eropa berdasarkan UEFA Coefficient. UEFA Coeficient (koefisien UEFA) adalah sebuah sistem pemeringkatan yang menentukan jumlah klub di sebuah liga yang berhak mengikuti Liga Champions dan Liga Eropa. Tetapi jumlah klub yang dialokasikan pada sebuah musim tertentu bukan ditentukan dari peringkat yang disusun pada musim sebelumnya. Misalnya untuk musim liga Champions 2012-2013, peringkat liga yang digunakan bukan berdasarkan peringkat pada akhir musim 2011-2012, melainkan digunakan peringkat musim 2010-2011.

Perhitungannya cukup membuat saya bingung juga. Tetapi saya mencoba menjelaskannya, hanya saja bila terdapat kesalahan tolong dikoreksi. Pada intinya, koefisien merupakan hasil dari penampilan klub – klub yang terlibat dalam Liga Champions dan Liga Eropa (dulu UEFA Cup) selama 5 tahun terakhir. Untuk setiap klub yang menang akan mendapatkan 2 poin dan 1 untuk yang seri. Klub yang menang adu penalty tidak dihitung poinnya. Dalam satu musim Liga Champions dan Liga Eropa,  jumlah poin yang didapatkan oleh klub - klub dari suatu liga dibagi dengan jumlah klub yang ikut serta Liga Champions dan Liga Eropa. Karena yang digunakan adalah hasil 5 tahun terakhir maka hasil kelima tahun terakhir dijumlah ditambah dengan poin bonus. Adapun poin bonus yang diberikan adalah 4 poin untuk klub yang masuk kualifikasi Liga Champions, 5 poin untuk klub yang melaju ke babak kedua Liga Champions, 1 poin untuk klub yang masuk ke perempatfinal, semifinal dan final Liga Champions maupun Liga Eropa.

Untuk liga yang berperingkat 1 – 3 mendapatkan jatah 4 klub Liga Champions dan 4 klub di Liga Eropa.

Liga berperingkat 4-6, 3 Liga Champions(LC) + 3 Liga Eropa(LE).

Liga berperingkat 7-9, 2 LC + 4 LE.

Liga berperingkat 10-15, 2 LC + 3 LE.

Liga berperingkat 16-51, 1 LC + 3 LE.


Peringkat 42 saat ini dihuni oleh Leichesten, negara ini tidak mempunyai Liga, hanya mempunyai Piala Leichesten sebagai kompetisinya. Sehingga wakil dari Leichesten,yaitu juara Piala Leichesten hanya mendapat jatah ke Liga Eropa (1 tiket).

Liga berperingkat 52 dan 53, 1 LC + 2 LE.


Masih belum jelas berapa klub yang lolos otomatis dan berapa klub yang harus mengikuti kualifikasi berdasarkan peringkat di masing  - masing liga. Berikut ini 15 besar peringkat liga yang saya ambil dari sumber beberapa hari sebelum tulisan ini dibuat. Seperti yang sudah saya sebut di atas, bahwa peringkat di bawah ini menetukan kuota LC dan LE untuk musim 2012-2013. Terlepas dari  sudah final atau belumnya peringkat ini saya tidak dapat menjawabnya.

15 besar liga teratas Eropa.

















Sedangkan untuk lamanya sebuah liga memimpin peringkat liga adalah sebagai berikut.






Demikian hal – hal yang bisa saya share disini. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda sekalian.







Sumber : http://en.wikipedia.org/ 
 

No comments: