Chat Box

3/25/11

Linux Chronicles : Pro dan Kontra



Linux merupakan sistem operasi yang menurut saya sangat cool, handal dan sangat menantang.  Pada saat ini sudah banyak orang yang menggunakan Linux. Mulai dari pengguna rumahan, warnet, perusahaan, komputer server sampai super komputer pun ada yang menggunakan Linux. Saya termasuk salah satu pengguna Linux walaupun masih dual boot dengan Wind*ws. Saya mulai coba-coba Linux kalau tidak salah tahun 2007 atau 2008an. Pada saat itu saya meminjam CD Distro Mandrake 9.x dari teman saya. Lalu saya coba juga distro Suse juga dengan meminjam CD dari teman yang sama. Tidak sampai situ petualangan saya saya mulai menjajal distro-distro Live CD (Distro yang dapat digunakan tanpa perlu install ke Harddisk, cukup dari CDnya saja) seperti, backtrack 2.0 (dapat dari buku ), backtrack 3 , Slax 6, Backtrack 4 (download) dan Ubuntu 10.04 (Bonus dari majalah) sampai sekarang tetapi diselingi dengan Live CD LFS 6.3.  Tidak hanya itu, saya juga menimbun beberapa iso (image CD/DVD) distro – distro Linux di Harddisk saya seperti BlankOn (distro buatan Indonesia), TRK, Goblinx, dan distro Slax versi saya. Lalu mengapa saya begitu niat dengan Linux sampai – sampai gonta – ganti distro dan ngumpulin iso nya ?. Ini karena Linux memiliki beberapa keunggulan selain yang sudah saya sebutkan diatas. Berikut ini beberapa keunggulan Linux yang saya ambil dari beberapa referensi.

Pertama, Linux merupakan sistem operasi bebas.
Karena berlisensi GPL, Linux merupakan sistem operasi yang open source, sehingga kita dapat memodifikasinya sesuai keinginan. Selain hampir semua distro – distro Linux adalah gratis. Dapat di unduh dari situs resmi distro tersebut, bisa copy dari teman, dapat dari majalah yang menyertakan bonus Linux bahkan beberapa buku yang membahas tentang Linux menyertakan Distro Linux. Selain itu akibat dari Linux yang open source itu, program – program yang berjalan di Linux juga didominasi program open source. Dan lagi – lagi program tersebut kebanyakan gratis. Namun jangan sangka program yang gratis itu program yang kacangan. Banyak tiruan program canggih yang berjalan di Wind*ws hadir di Linux, contohnya kalau di Wind*ws ada Adobe Photoshop, di Linux ada Gimp yang kehandalannya tidak diragukan lagi, ada juga Program yang sejenis dengan Corel Draw yaitu Inkscape, dan kita juga tidak perlu menggunakan 3DS Max karena di Linux ada yang namanya Blender. Untuk urusan perkantoran, di Linux ada OpenOffice yang menurut saya tidak memiliki banyak perbedaan dengan produk Micros**t (tulisan ini juga dibuat dengan OpenOffice). Semua program Linux yang saya sebutkan adalah gratis sehingga kita tidak perlu mengeluarkan uang berjuta – juta rupiah untuk mendapatkan program sejenis yang original dan tidak perlu juga membeli atau meminjam program bajakan tersebut.

Kedua, Linux sangat portabel.
Maksudnya, Linux dapat berjalan di berbagai jenis Processor atau mesin. Kernel Linux bisa berjalan di Handphone, di Playstation, PSP, Jam tangan digital, Smartphone, PDA, Tablet PC dan masih banyak lagi.

Ketiga, Linux = Aman
Selama mencoba beberapa Distro Linux, kesan saya adalah Linux aman. Sampai saat ini saya belum mendengar virus yang menyerang Linux. Mungkin karena Linux memiliki desain yang cukup tangguh dari bahaya virus atau memang sulit bagi virus untuk berkembang di lingkungan Linux. Sebagai tambahan, karena Linux dikembangkan oleh komunitas, jadi bila ada kecacatan pada suatu system Linux akan segera di perbaiki oleh mereka yang mendukung Linux. Jadi setiap orang dapat berkontribusi dalam melaporkan dan memperbaiki serta menyelesaikan masalah dengan bersama – sama.

Keempat, Kecepatannya.

Linux masih bisa ngebut walaupun di Install di PC tua seperti, Pentium I , II. Uniknya selain cepat, Linux juga tidak memerlukan restart jika kita selesai menginstall program atau driver. Ini dikarenakan kernel Linux selalu mengupdate systemnya. Ini akan mengehemat waktu kita walaupun dengan komputer yang ketinggalan jaman.

Kelima, Banyak Rasa.
Ini yang membuat saya senang menjelajahi Linux, banyaknya Distro dengan ciri khasnya masing-masing membuat saya ingin mengeksplorasi Linux ini. Selain itu dengan banyaknya distro kita dapat memilih distro sesuai kebutuhan, misalnya untuk keperluan rumahan atau sehari-hari (mengetik, dengar lagu, main game, browsing, chatting,dll) kita dapat menggunakan distro seperti Ubuntu, Debian, Fedora, BlankOn. Untuk server atau komputer router, kita dapat pilih CentOS, Clear OS, RHEL (ini tidak gratis) dll. Masih banyak lagi pilihan-pilihan yang tidak akan saya ungkap disini.


Bukan berarti Linux merupakan sistem operasi yang sempurna. Tetap saja Linux memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan – kelemahannya adalah sebagai berikut.

Pertama, tampilan (GUI) yang kurang bersahabat,
Ini wajar karena masih banyak dari  yang dibesarkan dilingkungan Wind*ws. Pada saat saya pertama kali kenal komputer, saya hanya tahu Wind*ws yang cukup indah menurut saya waktu itu. Seandainya kita diajarkan Linux sejak kenal komputer mungkin masalah GUI tersebut tidak menjadi masalah.

Kedua, sedikit sekali game di Linux.
Ini masalah bagi gamer, masih sedikit pengembang game yang mau membuat game mereka di Linux. Ini mungkin karena mereka tidak ingin source code gamenya terpublikasi. Tetapi hal ini bisa ditutup oleh adanya program Wine di Linux. Program ini dapat membuat program yang tadinya hanya dapat berjalan di Wind*ws bisa berjalan juga di Linux. Namun performanya tidak selalu sama seperti yang berjalan di Wind*ws.


Saya kira itulah Pro dan Kontra Linux yang dapat saya tulis disini. Semoga bermanfaat dan membuat Kalian ingin mencoba Linux juga. Maju terus Open Source Movement !!!



dari berbagai sumber dengan ditemani 1,5 Album Greenday.

Sampai Jumpa...

3 comments:

let shout it all said...

tambah lagi...
Linux hampir dipake disemua supercomputer

tapi sayangnya emang yang bikin males itu script / commandnya pas ngutak atik + sedikit software yang bisa jalan di linux dengan mulus

kunjungi juga
http://letshout-itall.blogspot.com/

Putri said...

linux bisa dipake secara dual dengan OS yang lain ?

bagaimana caranya, ya ?
saia dari dulu tertarik banget dengan LInux.. tapi sampai sekarang belum ada kesempatan ngoprek2 linux di PC saia...

Life is Fight! said...

@ Putri

Linux bisa dipake buat dual boot ..Kalo mau pake Windows + Linux syaratnya Putri harus install Windowsnya dulu sebelum Linux...