Chat Box

12/25/10

PSSI’s Naturalisasi Saga (Episode 3)



Kembali dengan saya dalam PSSI’s Naturalisasi Saga, kali ini saya akan membahas beberapa pemain yang belakangan ini sering disebut sebagai proyek naturalisasi PSSI yang kedua. Pada saat ini PSSI lebih memfokuskan untuk menaturalisasi pemain asing yang berperan sebagai pemain belakang. Siapa sajakah pemain itu.

Seme Patrick
Indonesia sangat membutuhkan pemain belakang tangguh. Karena Indonesia memang mempunyai kekurangan dalam bertahan. Terutama dalam mengantisipasi umpan lambung dan serangan balik musuh yang cepat. Untuk itu BTN berinisiatif untuk menaturalisasi Seme Patrick yang bermain untuk klub ISL Persema Malang. Selain memiliki tubuh yang tinggi besar, Seme Patrick juga memiliki pengalaman bermain dengan timnas Kamerun U-21. Hal ini yang menjadi nilai tambah bagi Seme Patrick untuk memperkuat timnas Indonesia. Tetapi keputusan tetap ditangan Alfred Riedl.

Nama         :  Seme Pierre Patrick
Tanggal Lahir    : 2 Februari 1981
Tinggi        : 186 cm
Posisi        : Bek
Klub Junior    : N/A
Klub Senior    : Persikabo (? main/? gol), Persema (?/?)
Timnas        : Kamerun U-21

Stefano Lilipaly
Pemain ini merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia lainnya. Stefano Lilipaly bermain di klub Belanda FC Utrecht. Usianya masih muda, 20 tahun, jika pemain ini nantinya telah berhasil dinaturalisasi dan dipanggil oleh Alfred Riedl maka kemungkinan besar pemain ini akan mengawal Indonesia dalam Pra Piala Dunia 2014 dan Piala Asia 2015. Mudah mudahan saja Stefano dapat menggantikan peran Firman Utina di lini tengah.

Nama        : Stefano Lilipaly
Tanggal Lahir    : 10 Januari 1990
Tinggi        : 170 cm
Posisi        : Gelandang
Klub Junior    : N/A
Klub Seniot    : AZ Alkmaar (?/?), FC Utrecht (?/?)
Timnas        : Belanda U-16, Belanda U-17 dan Belanda U-18

Michael Timisela
Sebenarnya Timisela tidak masuk dalam proyek naturalisasi. Namun menurut saya Timisela cukup pantas masuk timnas Indonesia karena ia merupakan jebolan akademi Ajax dan pernah memperkuat tim senior Ajax sebelum pindah ke VVV Venlo (Klub Eredivise). Selain itu Timisela juga pernah memperkuat timnas Belanda U-19. Sangat disayangkan bila Timisela tidak memperkuat timnas. Namun sepertinya belum ada tanda ingin atau tidaknya Timisela untuk membela timnas Indonesia.

Nama        : Michael Elias Timisela
Tanggal Lahir    : 5 Mei 1986
Tinggi         : 176 cm
Posisi        : Bek/Gelandang
Klub Junior    : Ajax Amsterdam
Klub Senior    : Ajax Amsterdam (4 main /1 gol), VVV Venlo (53/1)
Timnas        : Belanda U-19 (3/0)

Baiklah 3 pemain tersebut merupakan pemain Episode 3 ini. Tunggu kelanjutanya di Episode selanjutnya.
        

No comments: